6 Tips Sewa Ruko Untuk Memulai Usaha

Banyak orang memilih ruko untuk keperluan membuka usaha, salah satunya kios. Keuntungan menyewa ruko di lokasi tertentu, akan membantu penjualan dari kios Anda agar lebih dikenal masyarakat. Apalagi jika Anda adalah pemula yang baru mencoba untuk berbisnis atau berjualan.

Dalam pemilihan ruko atau kios terutama jika ingin berjualan di ibu kota tepatnya di Jakarta pusat, Anda pasti dihadapkan pada pilihan sewa kios bulanan Jakarta Pusat dan juga tahunan. Selain itu Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai hal dalam pemilihan ruko.

1. Tentukan Lokasi

Dalam memilih ruko maka yang pertama kali harus diperhatikan adalah lokasi dari ruko tersebut. Apalagi jika ingin memiliki usaha kios di Jakarta, maka harus benar-benar teliti dalam pemilihannya supaya kios Anda ramai atau mudah dicapai oleh target pasar.

Ketika Anda ingin membuka sebuah kios, lokasi ruko yang ada di area perumahan atau pinggiran kota. Anda juga harus memikirkan lokasi sebanding dengan pesaing. Jika ruko yang ingin disewa lalu disana terdapat banyak pesaing Anda, sebaiknya hindari.

Karena jika terlalu banyak persaingan, maka kemungkinan Anda akan kalah karena pemula dan belum banyak dikenal oleh masyarakat. Sebaiknya pilih lokasi dengan minim pesaing untuk membuat peluang bisnis Anda bisa tetap ramai.

2. Legalitas Ruko

Meskipun akan menyewa sebuah kios tapi penting juga bagaimana melihat kelengkapan dokumen dan legalitas dari tempat yang dipilih. Yang pertama harus diperhatikan adalah status kepemilikan dari ruko tersebut apakah HGB atau SHM. HGB adalah hak guna bangunan dan SHM adalah sertifikat hak milik.

Dimana ketika status kepemilikannya HBG, maka Anda perlu periksa masa berlaku dan pastikan bahwa ruko yang akan disewa tersebut punya izin IMB. IMB Ini membuat ruko bisa di sewa atau dimanfaatkan sebagai tempat usaha.

Anda juga perlu mencari tahu bagaimana ruko, apakah orang yang bermasalah atau tidak. Ketika orang tersebut bermasalah, maka ada kemungkinan bahwa nantinya penyewaan ruko anda jadi dipersulit.

Adalah kesalahan fatal bila ternyata ruko yang Anda sewa merupakan ruko untuk jaminan ke bank.

Tentu hal ini akan membuat Anda rugi dan merasa tidak nyaman.

3. Pakai Agen Properti

Jika Anda orang awam yang tidak terlalu mengerti bagaimana prosedur dalam penyewaan ruko, maka bisa memilih agen properti. Jasa dari agen properti akan mempermudah urusan dalam penyewaan ruko karena lebih berpengalaman.

Anda tidak akan bertemu dengan pemilik ruko yang bermasalah atau tidak jujur, sebab agen properti lebih paham mana yang ruko yang bermasalah dan tidak. Namun di sisi lain ketika menyewa agen properti, tentu anda harus membayar jasanya. Untuk biaya jasa agen properti tarinya tentu berbeda-beda.

4. Fasilitas Yang Disediakan

Saat menyewa ruko, pastikan bahwa Anda mengetahui apa saja fasilitas yang diberikan. Memilih ruko yang memang biasa disewa untuk kebutuhan bisnis tentu saja lebih baik. Karena biasanya ruko seperti ini akan menyediakan fasilitas-fasilitas yang menunjang bisnis anda.

Misalnya ruko dengan kemudahan akses ketika bisnis anda sudah mulai jalan. Terkait keluar masuknya barang lebih mudah sebab lahan parkir yang luas. Atau bisa juga kemudahan hingga listrik yang akan memperlancar bisnis.

5. Kebersihan Dan Keamanan Ruko

Selain fasilitas, Anda juga harus perhatikan bagaimana kebersihan dan keamanan dari ruko yang akan di sewa. Caranya dengan mencari tahu langsung ke lokasi ruko yang ingin di sewa. Perhatikan bagaimana kebersihan lingkungannya dan keamanan serta lihat perilaku penduduk sekitar.

Pastikan ruko yang Anda pilih tidak berdekatan dengan area kumuh sehingga akan membuat para pelanggan tidak tertarik mengunjungi kios Anda.

Jika Anda memilih ruko di daerah yang punya frekuensi tindak kejahatan tinggi maka sebaiknya urungkan niat untuk menyewa gedung tersebut.

Ruko yang Anda sewa, pastikan harus terhindar dari resiko bencana alam, seperti misalnya banjir. Ruko yang sering kebanjiran tentu akan membuat bisnis Anda terhambat di kemudian hari.

6. Harga Sewa Ruko

Perhatikan juga bagaimana penawaran dari harga sewa ruko. Biasanya ruko dengan lokasi yang strategis maka harganya jauh lebih mahal. Tapi jika sebanding dengan potensi bahwa bisnis Anda bisa lancar tentu tidak apa-apa memilih ruko dengan harga sewa yang tinggi.

Sebenarnya untuk penyewaan ruko bisa didasarkan pada kebutuhan dan prioritas anda serta budget yang dimiliki. Anda juga perlu melakukan riset harga ruko, jangan sampai mendapatkan ruko dengan harga sewa yang terlalu mahal.

Selain harga perhatikan juga bagaimana waktu penyewaan dari ruko. Umumnya untuk ruko-ruko di Jakarta atau di daerah perkotaan, memiliki masa sewa minimal 3 tahun. Untuk sistem pembayarannya sendiri adalah pembayaran dimuka untuk tahun pertama.

Jika memungkinkan maka pilih ruko yang harganya bisa di negosiasi. Atau paling tidak Anda bisa membayar maksimal untuk ruko 6 bulan pertama dahulu. Ini supaya meminimalisir kerugian, jika dilihat bahwa ternyata bisnis anda kurang lancar setelah ruko di sewa.

Jika ingin sewa ruko untuk keperluan kios atau usaha lainnya maka kaa-san tepat memilikinya di platform yang tepat. Anda bisa mendapatkan ruko-ruko terbaik yang bisa di sewa, di Rumah.com. Karena platform ini sendiri menyewakan berbagai properti untuk kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, Rumah.com juga membantu Anda untuk menemukan sewa apartemen, sewa kontrakan hingga jual beli rumah. Bahkan jika anda sedang mencari rumah subsidi atau kredit rumah KPR, Rumah.com adalah solusi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *