5 Tips Perbaikan AC Untuk AC Yang Tidak Dingin

Saat AC sudah tidak bekerja secara maksimal, tentu sangat merasakan. Apalagi jika udara yang dikeluarkan AC sudah tidak lagi dingin, tentu sangat mengganggu di cuaca yang selalu panas seperti di Indonesia. Namun untuk perbaikan AC kala produk elektronik ini sudah tidak dingin lagi, bisa dengan melakukan beberapa hal sebelum akhirnya memanggil jasa service AC.

Apa saja yang bisa dilakukan jika situasi tersebut terjadi? Berikut beberapa pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan ketika AC sudah tidak dingin.

1. Filter Kotor

Salah satu penyebab AC tidak dingin adalah karena filter yang kotor akibat tidak dibersihkan. Filter sendiri berfungsi sebagai penyaring kotoran yang masuk ke dalam AC. Untuk membuat AC kembali dingin adalah dengan membersihkan sendiri filter bagian indoor.

Ini memang harus dibersihkan secara berkala minimal 1 minggu sekali. Cara membersihkannya cukup mudah yaitu dengan membuka filter indoor di bagian atas kemudian bersihkan filter udara tersebut dengan menggunakan sabun deterjen dan keringkan. Untuk perawatan AC agar tidak kotor, bisa melakukan 3 bulan sekali perawatan AC di rumah dan 2 bulan sekali untuk AC yang ada di kantor.

2. Kondensor Kotor

Perbaikan AC yang tidak dingin juga bisa dilakukan dengan membersihkan bagian kondensor. Bagian ini terletak di bagian luar yang berfungsi sebagai pemanas gas freon pada suhu tertentu. Setelah kondensor dibersihkan, maka AC akan dingin kembali.

Cara pembersihannya juga cukup mudah, hanya dengan menggunakan sabun dan air kemudian hilangkan kotoran pada kondensor dan keringkan. Jika pada kondisi di mana AC sudah lama tidak digunakan sebaiknya gunakan penutup kain untuk kondensor agar tetap dingin.

3. Ruangan Terlalu Luas

Ruangan yang terlalu luas sementara PK AC yang digunakan kecil maka bisa membuat udara yang keluar tidak terlalu dingin. Untuk itu, perlu mengetahui besar ruangan dan kapasitas AC agar dingin yang dikeluarkan aset tetap maksimal.

Misalnya untuk ruangan 3m x 3m maka sebaiknya memasang AC 1/2 PK. Sementara untuk ruangan 3m x 6m maka bisa menggunakan AC 1 PK dan seterusnya. Terkadang kondisi ruangan juga menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin. Seperti ruangan yang terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung atau ruangan yang terbuat dari tembok campuran semen dan pasir sehingga bisa jadi ruangannya terlalu panas.

4. Pintu Dan Jendela Terbuka

Ketika menggunakan AC di sebuah ruangan maka sebaiknya tidak membuka pintu dan jendela. Pintu dan jendela yang terbuka meskipun sedikit saja bisa berpengaruh pada suhu ruangan yang membuat udara yang dikeluarkan AC jadi tidak dingin lagi.

Solusi yang harus dilakukan adalah dengan menutup kembali pintu atau jendela yang dibuka agar AC tetap dingin.

5. Remote AC

Perbaikan AC lainnya yang bisa anda lakukan untuk ASI yang tidak dingin adalah dengan mengatur settingan remote. Pastikan Anda mengecek bagian remote AC apakah mode yang dipakai dalam tanda bintang atau cool agar tetap dingin.

Jangan menggunakan mode dry karena hal ini hanya akan membuat ac hidup bagian motor fan-nya saja sehingga unit outdoor tidak akan mengirimkan arus listrik.

Itu tadi beberapa tips perbaikan AC yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jika beberapa hal di atas tidak berpengaruh kepada masalah yang dialami yaitu AC yang tidak dingin, sebaiknya langsung panggil jasa service AC terdekat. Anda bisa memanfaatkan platform Sejasa, untuk menemukan jasa tukang service AC profesional yang bisa menangani masalah pada air conditioner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *